Thursday, May 30, 2013

MULTIPLE INTELLIGENT


1.                        MULTIPLE INTELLIGENT

Multiple secara bahasa berarti perkalian atau kelipatan seperti dalam istilahlowest common multiple (kelipatan persekutuan kecil. Multiple juga berarti ganda seperti dalam istilah multiple choice (pilihan ganda). Intelligence berarti kecerdasan. Jadi, secara bahasa Multiple Intelligences diartikan Kecerdasan Majemuk. Ada juga yang mengartikan Kecerdasan Beragam. Bahkan ada yang menjadikannya sebagai bahasa Indonesia serapan dengan istilah “multipel intelijensi.
Adapun pengertian Multiple Intelligences secara operasional adalah teori yang mengatakan bahwa ada delapan jenis kecerdasan (mungkin bahkan lebih banyak lagi tetapi belum teridentifikasi). Masing-masing kecerdasan yang berbeda-beda ini dapat digambarkan oleh ciri-ciri, kegiatan-kegiatan, dan minat-minat tertentu. Kedelapan jenis kecerdasan tersebut adalah:
(1) kecerdasan bahasa,
(2) kecerdasan matematika dan logika, 
(3) kecerdasan spasial,
(4) kecerdasan musik,
(5) kecerdasan kinestetik,
(6) kecerdasan interpersonal,
(7) kecerdasan intrapersonal, dan
(8) kecerdasan naturalis.

 A.  Kecerdasan linguistik (bahasa) adalah kemampuan menggunakan kata secara efektif baik secara lisan maupun tulis. Kecerdasan ini meliputi kemampuan manipulasi tata bahasa, bunyi bahasa, makna bahasa dan dimensi praktis penggunaan bahasa. 

B.  Kecerdasan Matematis-logis adalah kemampuan menggunakan angka dengan baik dan melakukan penalaran yang benar. Ciri ragam kecerdasan ini adalah kemampuan memakai penalaran induktif dan deduktif, memecahkan berbagai masalah abstrak dan memahami hubungan sebab akibat. Kecerdasan ini meliputi kepekaan pada pola hubungan logis, pernyataan dan dalil, fungsi logis dan abstraksi-abstraksi lain.
C.  Kecerdasan Visual-Spasial (Ruang dan Gambar) adalah kemampuan mempersepsi dunia visual-spasial secara akurat dan mentransformasikannya. Kecerdasan ini meliputi kepekaan pada warna, garis, bentuk, ruang dan hubungan antarunsur tersebut. Kecerdasan ini juga meliputi kemampuan membayangkan, mempresentasikan ide secara visual atau spasial, dan mengorientasikan diri secara tepat pada matriks spasial.
D.   Kecerdasan Kinestetik (tubuh) adalah kemampuan menggunakan seluruh tubuh untuk mengekspresikan ide dan perasaan dan keterampilan menggunakan tangan untuk menciptakan atau mengubah sesuatu. Ciri kecerdasan ini adalah kemampuan mengontrol dan menafsirkan aneka gerakan tubuh, memanipulasi dan membentuk harmoni antara tubuh dan pikiran. Kecerdasan ini meliputi kemampuan-kemampuan fisik yang spesifik seperti koordinasi, keseimbangan, keterampilan, kekuatan, kelenturan, dan kecepatan maupun kemampuan menerima rangsangan dan hal yang berkaitan dengan sentuhan.
E.  Kecerdasan Musikal adalah kemampuan menangani bentuk-bentuk musik dengan cara mempersepsi, membedakan, menggubah dan mengekspresikan. Kecerdasan ini meliputi kepekaan pada irama, melodi, dan warna nada atau suara suatu lagu. Kecerdasan ini beupa tingkatan sensitivitas pada pola-pola suara dan kemampuan untuk merespon musik secara emosional.
F. Kecerdasan Interpersonal (sosial) adalah kemampuan mempersepsi dan membedakan suasana hati, maksud, motivasi, temperamen, tujuan serta perasaan orang lain. Kecerdasan ini meliputi kepekaan pada ekspresi wajah, suara, gerak isyarat, termasuk juga kemampuan membedakan berbagai macam tanda interpersonal dan kemampuan menanggapi secara efektif tanda tersebut dengan tindakan pragmatis tertentu seperti mempengaruhi sekelompok orang untuk melakukan tindakan tertentu.

G.   Kecerdasan Intrapersonal (diri) adalah kemampuan memahami diri sendiri dan bertindak berdasarkan pemahaman tersebut. Kecerdasan ini meliputi kemampuan memahami kekuatan dan keterbatasan diri, kesadaran akan suasana hati, maksud, motivasi, temperamen, dan keinginan, serta kemampuan berdisiplin diri, memahami dan menghargai diri.
H. Kecerdasan Naturalis (alam) adalah keahlian mengenali, memahami dan mengategorikan flora dan fauna di lingkugan sekitar. Kecerdasan ini meliputi kepekaan pada fenomena alam.

No comments:

Post a Comment